Bersihkan Lingkungan Untuk Mencegah Demam Berdarah

Salah satu pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti adalah dilakukan dengan fogging (penyemprotan), dimana hal ini dilakukan supaya nyamuk dan jentik2 nyamuk aedes aegypti tidak dapat berkembang biak. Namun karena pelaksanaan fogging memerlukan biaya (jika program mandiri) dan butuh waktu (pengumpulan berkas dari yang terkena penyakit DBD), maka cara yang paling mudah untuk pencegahan penyebaran nyamuk adalah dengan cara “bebersih” ceunah.

Nah bebersih teh bisa kita lakukan sendiri dari dalam rumah atau sekitar rumah bersama keluarga atau tetangga, biar seru. hehehe.

Yuk langsung kita lakukan langkah berikut nyak :

Kuras bak mandi rumah seminggu sekali.

Nah, air merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti . Biasanya nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi Anda setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti. Coba deh sesekali cek kamar mandi, kadang kita suka liat ada larva nyamuk, nah berarti kita harus segera kuras bak mandi.

Perhatikan perabot rumah yang menampung air

Baskom berisi air, vas bunga, ember, kaleng, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang. Sering-seringlah untuk membersihkan tempat tersebut setidaknya 2x seminggu untuk mengurangi risiko munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

Pasang Kasa Nyamuk

Hal ini umumnya sudah terpasang di ventilasi-ventilasi rumah kita, kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah, tetapi jarang yang pasang kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela rumah, sehingga ada rejeki atau dana lebih, anda bisa pasang kasa nyamuk juga pada pintuk dan jendela.

Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama

Cek gantungan baju dibalik pintu, jangan sampe ada baju yang sudah berhari-hari digantung, hal ini mengakibatkan tempat tersebut menjadi sarang nyamuk atau bersembunyi. Jadi anda harus sering cek dan bersihkan tempat gantungan baju, jika sudah lama tidak dipakai, segera masukkan ke dalam cucian dan segera dicuci yaa, bukan ditumpuk juga dibak cucian, itu juga akan jadi sarang nyamuk 😀 ..hehehehe

Gunakan lotion anti nyamuk 

Ketika Anda hendak bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun tidak hanya saat bepergian, Anda tetap harus melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjelang subuh. Selain menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur juga dapat membantu menghindari gigitan nyamuk dan mencegah demam berdarah. Biasanya sih selain pake lotion anti nyamuk, saya suka pakai minyak kayu putih, jadi minyak kayu putih selain untuk ngobatin bentol digigit nyamuk, juga bisa untuk mencegah digigit nyamuk.

Bersihkan saluran air (selokan)

Saluran air atau selokan kadang suka mampet, hal ini dikarenakan adanya sampah baik organik atau anorganik yang jatuh atau terbuang kedalam selokan. Jika selokan sudah mampet, maka akan terjadi genangan air yang menjadi sasaran empuk untuk jadi tempat tinggal nyamuk. Jadi jangan bosan2 untuk membersihkan selokan disekitar rumah, supaya salurannya lancar untuk mengalirkan air dan bebas dari sampah.

Buang atau timbun barang bekas (sampah)

Sampah dan barang bekas adalah sama-sama sudah tidak kita butuhkan lagi, jadi sebaiknya segera bersihkan dari sekitar kita. Kurangin barang bekas yang tidak terpakai dengan cara disumbangkan kepada pedagang barang bekas atau warga yang membutuhkan untuk menghindari tempat bersarangnya nyamuk. Sedangkan sampah yang menumpuk dapat kita kelola dengan pemisahan sampah seperti yang sudah pernah ditulis pada artikel pintar kelola sampah.

Nah, diakhir semua langkah pencegahan tadi, kita harus tetap berdoa untuk minta perlindungan serta dijauhkan dari segala penyakit 🙂

 

Sehat terus, bersih terus, kompak terus warga RW 05 Laladon 🙂

 

About

You may also like...

Your email will not be published. Name and Email fields are required